Cara Membuat Kandang Ayam Kampung - Bagian II: Jenis Kandang

Setelah menilai kelayakan kandang, langkah selanjutnya dalam membuat kandang adalah menentukan jenis kandang. Dalam beternak ayam kampung, tentu kita membutuhkan kandang. Secara umum dikenal 2 jenis kandang ayam, yaitu: kandang postal dan kandang panggung.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasan berikut.

Kandang postal

Cara Membuat Kandang Ayam Kampung - Bagian II: Jenis Kandang
Istilah lain yang bisa dipakai untuk menyebut kandang postal adalah litter system. Sistem kandang ayam kampung ini diadopsi dari sistem kandang untuk budidaya ayam broiler (breeder), dimana tingkat kepadatan 6-7 ekor/m2.

Idealnya, kandang ini digunakan untuk pembesaran ayam kampung - dipelihara hingga mencapai bobot konsumsi (0,8-1,2 kg). Biasanya, kandang postal memiliki ketinggian 2,4 m.

Kandang panggung

Cara Membuat Kandang Ayam Kampung - Bagian II: Jenis Kandang
Selain kandang postal, ada juga jenis kandang lain yang disebut kandang panggung. Jenis kandang ini umumnya dibangun di dataran rendah atau kawasan yang bawahnya basah (kolam ikan dan sawah). Istilah penyebutannya adalah longyam (balong ayam).

Karena dibangun di dataran rendah, kandang panggung untuk budidaya ayam memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Udara bisa masuk melalui samping dan bawah. Sehingga temperatur di dalam kandang bisa disesuaikan. Ternak ayam kampung pun bisa merasa nyaman berada di dalamnya.

Lantai jenis kandang ayam kampung ini umumnya terbuka (sistem slat), yang terbuat dari bambu atau kayu reng dengan kerenggangan 2,5 cm. Tujuannya memudahkan udara masuk dari sela-sela lantai.

-------
Note: kandang tentu saja harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan kondisi lahan yang Anda miliki. Tidak menutup kemungkinan Anda cara membuat kandang ayam kampung dengan gaya sendiri.

Post a Comment